Ratusan Aset Raib di Anambas, APH Didesak Turun Tangan

1
346
Rincian Rekapitulasi BPKB yang Belum Berada dalam Pengamanan Bidang Aset BPKPD ( Foto : A 2 160 LK_Kab.Anambas 2022 )

Anambas, SK.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tengah diterpa krisis kepercayaan publik setelah audit internal mengungkap hilangnya ratusan aset negara. Aset yang raib meliputi puluhan kendaraan dinas, ratusan barang inventaris, hingga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kabupaten Anambas Tahun 2022 merinci daftar aset yang hilang, termasuk sepeda motor, mobil pick up, ambulans, truk pengangkut sampah, komputer, laptop, printer, furnitur kantor, dan peralatan elektronik lainnya. Total nilai aset yang hilang ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Dugaan sementara, hilangnya aset-aset ini akibat lemahnya pengawasan internal dan sistem pengelolaan aset yang belum optimal. Selain itu, muncul indikasi keterlibatan oknum pegawai dalam penyalahgunaan wewenang dan penyimpangan prosedur pengelolaan aset.

Temuan ini menjadi sorotan serius bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Masyarakat Anambas mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) untuk segera mengusut tuntas kasus ini dan menindak tegas pihak-pihak yang terlibat.

Pemerintah Kabupaten Anambas diharapkan segera mengambil langkah perbaikan untuk mencegah terulangnya kasus serupa di masa mendatang. Diperlukan perbaikan sistem pengelolaan aset yang lebih transparan dan akuntabel, serta peningkatan pengawasan internal yang lebih ketat.

Hilangnya aset negara ini tidak hanya merugikan keuangan negara, tetapi juga menggerus kepercayaan publik terhadap pemerintah. Oleh karena itu, penanganan kasus ini harus dilakukan secara transparan dan profesional untuk memulihkan kepercayaan masyarakat.(*)

Ikuti berita populer lainnya di Google News SAMUDERAKEPRI

Ikuti berita populer lainnya di saluran WhatsApp SAMUDERA KEPRI

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan