Merdeka Belajar Jadi Fokus Disdikpora Anambas dalam PMO Level Daerah

0
27

Anambas, SK.co.id – Untuk memperkuat program Merdeka Belajar di Kabupaten Kepulauan Anambas, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menggelar Pertemuan Project Management Office (PMO) level Daerah yang melibatkan berbagai pihak terkait, (Rabu, 21/02/2024)

Pertemuan ini bertujuan untuk mengawal bersama pelaksanaan berbagai program yang ada dalam kebijakan Merdeka Belajar, yang mencakup tingkat Kecamatan. Hadir dalam pertemuan ini antara lain Kepala Disdikpora, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Kepala Seksi PTK , Staff Disdikpora, Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan, Pengawas TK/SD, Kepala Sekolah, Ketua Kombel, dan Operator di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Beberapa topik penting dibahas dalam pertemuan ini, di antaranya adalah pembentukan Tim PMO di kecamatan yang diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan efektivitas pelaksanaan program-program pendidikan di tingkat kecamatan. Selain itu, strategi percepatan program Kebijakan Merdeka Belajar juga menjadi perhatian, dengan mengoptimalkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi guru dan komunitas belajar guru dalam mengatasi tantangan pembelajaran bagi peserta didik.

Pertemuan ini juga membahas masalah-masalah lain yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan, seperti Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, pendidikan inklusif, dan gerakan sekolah sehat. Data-data terkait sarana, prasarana, kualitas pembelajaran, dan capaian akademik juga dipaparkan dalam pertemuan ini, yang bersumber dari koordinasi rutin dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Riau.

Selain pembahasan konseptual, pertemuan ini juga menghasilkan langkah-langkah teknis yang dapat dilakukan oleh tim yang telah terbentuk serta penandatanganan komitmen bersama yang menjadi bukti keseriusan dan komitmen semua pihak dalam menjalankan rencana dan strategi yang telah disusun secara konsisten dan efektif dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala Disdikpora, Tony Karnain, Ph.D mengapresiasi forum diskusi ini sebagai wadah untuk menciptakan sinergi yang kuat antara berbagai instansi dan pemangku kepentingan pendidikan, sehingga upaya perbaikan yang dilakukan dapat berjalan lebih efisien dan berkelanjutan.

Tony Karnain, Ph.D juga menyampaikan harapannya agar melalui kolaborasi yang erat dan implementasi strategi yang terencana dengan baik, dapat terwujud visi bersama untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif, berdaya saing, dan berorientasi pada hasil yang bermakna bagi anak-anak dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas secara keseluruhan. (***)

Ikuti berita populer lainnya di Google News SAMUDERAKEPRI

Ikuti berita populer lainnya di saluran WhatsApp SAMUDERA KEPRI

Tinggalkan Balasan