Menu

Mode Gelap

Anambas · 9 Jun 2022 14:43 WIB

HNSI Anambas Desak Pemerintah Daerah Serius Tangani Kelangkaan BBM Subsidi


HNSI Anambas Desak Pemerintah Daerah Serius Tangani Kelangkaan BBM Subsidi Perbesar

Samuderakepri.co.id, Anambas – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas, mengelar audensi bersama DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas dan Pemerintah Daerah Kabupaten Anambas, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, (07/06/2022).

Audensi terkait kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) subsidi untuk nelayan di wilayah Kabupaten Anambas.
Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas, Dedi Syahputra menyampaikan “Kebutuhan bahan bakar minyak BBM jenis solar subsidi merupakan kebutuhan dasar bagi para nelayan Kabupaten Anambas, dimana mayoritas masyarakat Anambas berprofesi sebagai nelayan yang sangat bergantung kepada hasil laut untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya”.

“Sehingga nelayan bisa melakukan aktifitas tangkap untuk menghidupi keluarga dan membantu sektor perekonomian Kabupaten Kepulauan Anambas secara umum. Dimana persoalan kelangkaan BBM jenis solar subsidi di Propinsi Kepri hanya Anambas yang dinilai lamban penyelesaiannya dibandingkan wilayah lainnya”.

Syamsul Umri Wakil ketua I DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, menjelaskan, “Salah satunya Kabupaten Anambas, yang mayoritas masyarakat bekerja sebagai nelayan sehingga sangat bergantung pada bahan bakar minyak BBM tersebut. Kondisi saat ini menyebabkan banyak nelayan tidak bisa melakukan aktifitas tangkap ikan, bila kondisi tersebut terus berlanjut maka kedepannya akan mengganggu perekonomian para nelayan tradisional dan stok ketersediaan ikan untuk dikonsumsi. Sehingga kebutuhan bahan bakar minyak BBM subsidi jenis Solar tersedia kembali, dan perekonomian masyarakat khususnya Nelayan tidak terganggu”.

Asisten II Pemerintah Kabupaten Anambas Ody Karyadi mengatakan, “Pemerintah Kabupaten Anambas sudah menyiapkan Depot SPBU di Desa Mengkait namun dalam hal ini SDM untuk mengolah depot tersebut belum didapatkan. Kuota solar subsidi di Anambas sebanyak 321 ton per bulan, sedangkan kebutuhan nelayan sebanyak 1.200 ton per bulan. Saat dihadapkan dengan keterbatasan solar subsidi tersebut, kami berharap nelayan melakukan penghematan semaksimal mungkin”.

Masykur Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kabupaten Kepulauan Anambas, Menjelaskan, “Sehingga dalam hal ini kiranya para nelayan harus bijak untuk membagi kebutuhan solar yang terbatas tersebut”.
Ia juga menjelaskan pada Tanggal 31 Mei lalu, pihak Disperindag Anambas telah melakukan koordinasi dengan Pertamina di Batam dan mendapatkan respon yang cukup baik terkait kesiapan Depot SPBU di Desa Mengkait, sedangkan untuk kuota BBM solar subsidi di Anambas sebesar 540 ton per bulan. “Dari jumlah tersebut kemudian di bagi ke tiga Depot yang ada di Kepulauan Anambas dengan besaran Siantan mendapatkan 100 ton, Jemaja 100 ton, sedangkan Air Sena 340 ton”

Ia juga menjelaskan hasil rapat di kantor PTSP pada 19 Mei 2022, total kebutuhan BBM jenis Solar bagi nelayan Anambas sebesar 1241 Ton di sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas. “Sedangkan stok bahan bakar minyak BBM jenis Solar yang ada sebesar 540 Ton. Hal ini menjadi kendala tersendiri untuk mencukupi kebutuhan bahan bakar minyak BBM Jenis Solar tersebut”.

Nelayan bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas meminta DPRD Kabupaten Anambas dan seluruh Instansi pemerintah daerah Kabupaten Anambas untuk serius mencari solusi dan melakukan upaya penyelesaian permasalahan bahan bakar minyak BBM Solar di Kabupaten Anambas. Kondisi saat ini Nelayan mengalami kesulitan dalam melaut karena kekurangan bahan bakar minyak BBM jenis Solar, yang sangat berdampak pada perekonomian warga di Kabupaten Anambas.(Riandi)

samuderakepri.co.id
Artikel ini telah dibaca 3.122 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Didominasi Generasi Muda, Investor Pasar Modal Indonesia Lampaui 9 Juta

28 Juni 2022 - 13:26 WIB

Yuk Ikut Sekolah Pasar Modal

27 Juni 2022 - 09:42 WIB

Segala Proyek Infrastruktur Pemprov Kepri di Tanjungpinang Untuk Mempercantik Wajah Ibukota

26 Juni 2022 - 20:18 WIB

Perayaan HUT KKA ke 14 Masyarakat Padati Lapangan Sulaiman Abdullah

26 Juni 2022 - 17:08 WIB

Bupati Natuna Sabut Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Kepri Koordinasi Pembangunan Lapas Kelas II Ranai

26 Juni 2022 - 17:02 WIB

PDK Kosgoro 1957 Provinsi Kepri Gelar Musda IV di Batam

25 Juni 2022 - 20:57 WIB

Trending di Batam